Saturday, April 2, 2016

IBADAH UMRAH



IBADAH UMRAH.
(selektif dalam memilih).
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk9c6uhn-6gq_LNgeT_jjcpO-Ez8jyeAj0nmIfhitmgWdDHaLuRPOeswa681nod2eKFfF7Qj5ipJRCu12G02zSfW3O1Knf0kDObZR59pV7y-X0j57wGlyamIDc1mH3h4ZoZUM8cdE18190/s1600/Ibadah+Haji.jpeg
Menurut informasi yang saya dapatkan bahwa di Indonesia saat ini terdapat lebih dari 2000 agen penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, diantaranya tidak sampai separuhnya yang tidak memiliki izin. Diantara yang memiliki izin tsb tidak sampai 50 agen yang memiliki provider sendiri, yaitu agen yang melayani pengurusan visa, pesawat, hotel dan akomodasi jamaah umrah dan haji. Dengan demikian, bisa dibayangkan kemungkinan penyimpangan yang terjadi sebagai akibat banyaknya agen perjalanan yang tidak memiliki izin menyelenggarakan ibadah umrqh dan haji. Tidak aneh kalau ada jamaah yang telantar baik di Sukarno Hatta, di bandara transit maupun yang telah sampai di jeddah. Menurut berita stasiun televisi swasta, ada 10.770 orang jamaah yang tertipu oleh agen agen perjalanan umrah diseluruh Indonesia. Berita kompas juga memberitakan ada 3500 jamaah yang tidak berangkat haji karena uangnya diputar oleh pemilik agen dipenambangan batubara. Ada lagi ceritera teman yang lima hari telantar di Jeddah karena agen ybs tidak bertanggungjawab mengurusi jamaahnya. Penduduk Indonesia yangmerupakan penganut muslim terbesar didunia, ibadah haji dan umrah merupakan pasar bisnis yang menggiurkan, namun sayangnya masih banyak perusahaan perjalanan umrah yang belum berizin resmi, tidak jujur dan transparan yang berakibat tertipunya para muslim yang mau ibadah ketanah suci. Jika rata rata biaya umrah 25 juta setiap orang, berapa rupiah kalau ada 10.000 jamaah tertipu, ada 250 milyard rupiah. Mungkin perlu penegakan hukum yang lebih cermat terhadap penipuanj ini.
Itulah beberapa kondisi yang dialami para calon jamaah umrah sekarang ini dan mungkin keadaan ini akan terus terjadi,karena banyaknya agen yang tidak berizin sebagai penyelenggara umrah, sehingga mereka tak ubahnya sebagai perantara dari agen resmi.
Dalam wawancara di stasiun televisi swasta irjend kementerian agama M Yasin mengatakan bahwa dikemeterian Agama akan dibentuk direktorat Umrah, untuk menata, membina dan mengawasi keberadaan agen agen dalam menyelenggarakan kegiatan pelaksanaan umrah. Dalam wawancara tersebutmenghadirkan pemilik salah satu agenperjalanan umrah yang pernah jadi artgis top dan salah seorang yang merasa tertipu, tidak jadi berangkat umrah sesuai yang dijanjikan.
Dalam menarik calon jamaah umrah agen memanfaatkan momentum waiting list/ daftar tunggu jamaah haji yang bisa mennuggu sampai 10-20 tahun untuk bisa melaksanakan ibadah haji,  hal ini semakin nenambah semangatnya muslimin dan muslimat untuk pergi ke tanah suci melalui ibadah umrah, karena ingin memperoleh pahala berlipat lipat diakhirat kelak. Menusut hadist, seperti yang ada didalam brosur salah satu agen penyelenggara umrah dan haji,  jumlah pahala ibadah di masjidil haram sebanyak 100.000 kali dibanding ibadah dimasjid diluar masjidil haram dan masjid nabawi. Di masjid Nabawi sendiri pahalanya 1000 kali lipat dibanding masjid lain.  Artinya ibadah di masjid Indonesia termasuk didalamnya.
Sementara diantara travel satu dengan travel lainnya bersaing harga  untuk menarik jamaah, ada yang mengggunakan dollar AS, tetapi juga ada yangmenggunakan rupiah. Jika menggunakan dollar, maka, apabila kurs dollar naik pada saat akan berangkat, jamaah umumnya diminta menambah sesuai kenaikan dolar terhadap rupiah. Hal ini juga semakin menambah deretan calon jamaah menjadi berpotensi gagal berangkat. Sedang agen agen besar umumnya menggunakan nilai rupiah dalam menawarkan paket umrahnya. Masing masing travel memiliki kiat sendiri sendiri, ada yang menawarkan paket eksekutip tunai dan hemat, ada paket bisnis tunai dan hemat, dan ada pula paket menabung. Paket hemat dilakukan dengan cara melunasi dengan harga lebih murah dari paket tunai, tetapi keberangkatannya ditunda untuk beberapa bulan sampai setahun sesuai harga yang ditawarkan. Sedang paket menabung dilakukan dengan tabungan pertama sebesar 1 juta dan setiap bulan sekitar separuhnya untuk selama tertentu, bisa 40 bulan dengan persyaratan persyaratan tertentu, dsb.
Untuk merangsang para pemasaran, yaitu para marketingnya diberikan komisi komisi yang menarik agarpara tenaga marketing tersebut giat mengajak calon jamaah umrah melalui agen mereka. Ada yang memberi bermacam macam komisi, seperti komisi sponsor, komisi pasangan, komisi titik, bahkan ada yang memberikan super bonus berhadiah umrah gratis, mobil dan juga rumah atau bahkan perusahaan property bagi tenaga pemasaran yang bisa mencapainya. Ada juga agen yang memasang tarif murah, lalu tenaga pemasarannya menaikkan harganya sendiri sendiri. Karena dianggap terlalu murah, maka tenaga pemasarannya tanpa sepengatahuan perusahaan bisa menaikkan harga tinggi sehingga memperoleh komisi yang tinggi juga. Hal ini juga berpotensi munculnya masalah, apabila  ternyata kemudian keberangkatan ditunda atau bahkan batal berangkat. Ada juga yang menggunakan sistem tutup point, dimana apabila tenaga pemasarannya selama sekian bulan tidak bisa menarik calon jamaah, maka point yang sudah dikumpulkan menjadi hangus, dan mulai dari nol point lagi untuk memasarkannya. Masih banayaqk lagi cara cara perusahaan merangsang tenaga pemasarannya untuk bisa mengajak calon jamaah umrah.
Demikian sepintas kondisi per umrahan saat ini, mungkin bisa menjadi bahan kajian atau manimbang kalau ingin umrah, terutasma periksalah dulu perizinannya di kementerian Agama, apakah perusahaan tersebut berizin atau tidak. Bagaimana track frecordnya dalam mengelola umrah dan haji selama ini, dan bagaimana tingkat kepuasan jamaah yang sudah pernah berangkat umrah melalui perusahaan tsb.mudah mudahan bermanfaat. Amin.

No comments:

Post a Comment